Januari 27, 2016

Culinary: Central Java: Tongseng

Belum, saya belum pernah ke Solo, tapi saya sudah jatuh cinta kepada Solo lewat kekayaan cita rasa makanannya. This one is my real favorite ever, tongseng ayam! I really love it!


Tongseng mirip dengan gulai, hanya saja tongseng memiliki bumbu yang lebih "tajam". Pada umumnya tongseng dibuat dengan daging kambing, tetapi ada pula yang menggunakan daging sapi dan favorit saya adalah yang menggunakan daging ayam.

Tongseng memiliki kuah yang kental. Dengan daging sebagai bahan utamanya, tongseng memiliki beberapa bahan tambahan lainnya juga, misalnya kol dan tomat. Untuk tomat, saya lebih menyukai tongseng yang menggunakan tomat hijau yang memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan tomat merah. Menurut saya, tomat hijau lebih "kriuk" jika dibandingkan dengan tomat merah. Untuk bumbu, yang paling terasa adalah rasa bawang putihnya. Taburan bawang merah goreng juga membuat tongseng menjadi lebih wangi. Untuk menambahkan rasa pedas, saya lebih prefer menambahkan cabe rawit potong dibandingkan menambahkan sambal jadi kedalam tongseng. Yummy!

Saya pertama kali mencicipi makanan ini di Jakarta, tepatnya di Warung Sate Solo Minto Redjo. Saya juga pernah mencicipi tongseng ayam di kawasan Puncak, saya menyebutnya tongseng Mang Cecep, karena pemilik warung bernama Mang Cecep. Bedanya, daging yang dipakai pada tongseng Mang Cecep dibakar terlebih dahulu, seperti daging sate, dan kuahnya lebih encer dibandingkan dengan tongseng di Warung Sate Solo Minto Redjo.

Kamu juga pengen mencoba mencicipi tongseng ayam favorit saya? Datang saja ke Warung Sate Solo Minto Redjo di Jalan PLN Raya Blok A1 Nomor 1, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Terletak di dekat Rumah Sakit Mediros, kami lebih sering menyebut tempat ini dengan nama Sate Mediros. Satu porsi tongseng ayam dipatok dengan harga Rp20.000. So worth it!

Disclaimer: review ini bukan review berbayar. I just love this tongseng ayam here and I just wanna share and also this is my own opinion. Setiap kali makan disini saya layaknya customer yang lain, sama-sama membayar makanan kami :)

1 komentar: