Oktober 16, 2012

Vihara Cikung: Ji Gong House of Help, Vihara Terbesar di Singkawang, Kalimantan Barat

Singkawang memang pantas dijuluki sebagai Kota Seribu Kuil. Kota yang dihuni oleh mayoritas etnis Tionghoa itu memang dihiasi oleh banyak kuil yang tersebar diseluruh penjuru kotanya. Salah satu dari sekian banyak kuil tersebut adalah Vihara Cikung (Ji Gong House of Hep).


Vihara Cikung (Ji Gong House of Help) terletak di Jalan Sagatani (Sin Nam, dalam bahasa setempat), Kelurahan Sijangkung, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Bangunan Vihara yang terdiri dari 3 lantai ini didirikan diatas lahan seluas 500 m2, menjadikan Vihara ini sebagai Vihara terbesar di Singkawang.


Di setiap lantai Vihara ini terdapat berbagai patung Buddha yang berbeda ukurannya. Pada lantai 2, terdapat sebuah patung Sun Go Kong (Kera Sakti) yang diapit oleh 2 patung naga disisi kanan dan kirinya. Ketiga patung tersebut dapat dilihat dari luar Vihara.


Pada halaman depan Vihara juga terdapat sebuah bangunan dua lantai berbentuk seperti sebuah paviliun yang pada lantai duanya dihiasi oleh beberapa patung Buddha juga. Sayang, ketika saya berkunjung kesana saya tidak bisa naik ke atas karena pintu besi di pertengahan tangga dikunci.


Di dalam kompleks Vihara ini terdapat Yayasan Panti Werdha Sinar Abadi, merupakan sebuah panti khusus yang dibangun untuk melayani, merawat para lansia. Baik Vihara Cikung dan Yayasan Panti Werdha Sinar Abadi berada dibawah naungan Yayasan Dharma Buddha Cikung.

1 komentar: