November 25, 2011

Kebun Raya Cibodas, Bogor

Alternatif lain untuk berakhir pekan yang menyegarkan untuk yang berdomisili di Jakarta adalah dengan mengunjungi Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden), terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1.275 m dpl, bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius.

Jarak dari Jakarta sekitar 85km. Untuk mencapainya, dari Jakarta Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat, bus besar juga dapat masuk ke dalam kawasan ini.

Kebun ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, kebun botani seluas 125ha ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Koleksi yang paling khas dari Kebun Raya Cibodas adalah Taman Lumut Cibodas yang memiliki 216 jenis lumut dan lumut hati dari berbagai sudut Indonesia dan dunia. Dengan luas 2500m persegi, taman ini diklaim sebagai satu-satunya di dunia yang terletak di luar ruangan dan memiliki koleksi terbanyak.

Ada lebih dari 1000 jenis koleksi tanaman di kebun. Yang menjadi andalan atau ikon kebun raya ini antara lain Kina (Cinchona pubescens) yang merupakan tanaman obat, pohon Bunya-bunya (Araucaria bidwill) yang merupakan tanaman tua dan mempunyai pokok batang raksasa, dan juga Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium) yang mempunyai bunga berukuran raksasa dan konon hanya mekar empat tahun sekali.


Kebun Raya Cibodas dimaksudkan sebagai tempat koleksi ex situ (di luar habitat) bagi tumbuh-tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Termasuk dalam koleksinya adalah berbagai jenis pohon besar yang dilindungi seperti tusam dan tumbuhan runjung, tumbuhan paku pegunungan, hutan kaliandra, hutan alam dan terdapat pula air terjun. 

Ya, air terjun Kebun Raya Cibodas adalah daya tarik utama dari tempat ini. Dari pintu masuk ke lokasi air terjun berjarak 750 meter. Untuk mencapainya, Anda harus melakukan tracking dengan jalan yang menanjak. Dengan jarak yang cukup jauh dari pintu masuk, dipastikan Anda tidak akan kecewa begitu sampai di air terjun tersebut.


Selain air terjun, kebun raya ini memiliki area camping ground seluas 3ha dengan hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Area ini dapat menampung 200 tenda. Pada Setelah lelah dari air terjun, Anda dapat duduk bersantai disini. Udara yang masih sejuk disana akan membuat Anda betah untuk berlama-lama duduk dihamparan rumput nan hijau :)


Fasilitas lainnya yang disediakan oleh Kebun Raya Cibodas adalah Taman Koleksi Obat, Taman Sakura dan Rumah Kaca. Di dalam rumah kaca ini terdapat ratusan jenis anggrek, kaktus dan tanaman lainnya yang berasal dari seluruh dunia. Ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini. Di rumah kaca ini juga menyediakan kaktus untuk dijual kepada pengunjung dengan harga yang relatif murah.

1 komentar:

  1. Memang tempat yang sangat mengasyikan, tentunya selain udara yang sejuk kita juga bisa bercengkrama bersama keluarga dan anak-anak :)

    BalasHapus