November 02, 2011

Bandung, Kota Segala Wisata

Hmm.., Bandung :)
Sejak gue pindah ke Jakarta Februari 2010, gue uda 4 kali ke Bandung :)

Kalo udah ngomongin Bandung pasti udah gak ada habis-habisnya deh.
Bandung terkenal dengan nama Kota Kembang, konon katanya karena pada jaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana.
Bandung dulu disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya (sekarang ada mall dengan nama Paris van Java disana).
Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini.
Dan sekarang, berangsur-angsur kota Bandung juga mulai menjadi kota wisata kuliner :)
Oh ya, saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan. Kalo pariwisata, udah gak heran donk dengan banyaknya nama lain dari Bandung, kalo pendidikan, mungkin salah satu alasannya karena disana berdiri sebuah perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool, sekarang ITB - Institut Teknologi Bandung).

Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, makanya di Bandung masih rada sejuk :)
Bandung juga mempunyai legenda, seperti legenda Sangkuriang yang merupakan legenda yang menceritakan bagaimana terbentuknya danau Bandung, dan bagaimana terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu, yang sekarang juga menjadi salah satu objek wisata di Bandung, tepatnya terletak sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Suhu rata-rata harian di Tangkuban Perahu adalah 17oC pada siang hari dan 2oC pada malam hari. So, jangan lupa bawa sweater atau jaket kalo berkunjung kesini, apalagi jika angin sedang berhembus kencang. Di atas gunung juga loe bisa ngerasain pengalaman berkuda :)



Pada tau donk lagu Halo-Halo Bandung, lagu yang menyebut Bandung sebagai Bandung Lautan Api, ini karena pada masa perang kemerdekaan, pada 24 Maret 1946, sebagian kota ini di bakar oleh para pejuang kemerdekaan sebagai bagian dalam strategi perang waktu itu.

Dari Jakarta, perjalanan ke Bandung bisa ditempuh dengan perjalanan darat, baik mobil ataupun kereta api. sarana transportasi dengan kereta api sudah dibangun sekitar tahun 1880.

Dengan jarak yang cukup dekat dengan Jakarta, sekitar 180 km dari sebelah tenggara Jakarta, kota Bandung telah menjadi tujuan utama dalam menikmati liburan akhir pekan terutama dari masyarakat yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya, apalagi setelah dibukanya Jalan Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang), dengan waktu tempuh antara 1.5 jam sampai dengan 2 jam.
Selain menjadi kota wisata belanja, kota Bandung juga dikenal dengan sejumlah besar bangunan lama berarsitektur peninggalan Belanda, diantaranya Gedung Sate sekarang berfungsi sebagai kantor pemerintah provinsi Jawa Barat.

Selain itu beberapa kawasan wisata lain termasuk pusat perbelanjaan maupun factory outlet juga tersebar di kota ini diantaranya, di kawasan Jalan Braga, kawasan Cihampelas, Cibaduyut dengan pengrajin sepatunya dan Cigondewah dengan pedagang tekstilnya. Puluhan pusat perbelanjaan sudah tersebar di kota Bandung, beberapa di antaranya Istana Plaza Bandung, Bandung Indah Plaza, Paris Van Java Mall, Cihampelas Walk, Bandung Supermal, Bandung Trade Center, Plaza Parahyangan, Balubur Town Square, Dago Plaza dan Metro Trade Centre. Terdapat juga pusat rekreasi modern dengan berbagai wahana seperti Trans Studio Resort Bandung yang terletak pada lokasi yang sama dengan Bandung Super Mall.

Sementara beberapa kawasan pasar tradisional yang cukup terkenal di kota ini diantaranya Pasar Baru, Pasar Gedebage dan Pasar Andir. Potensi kuliner khususnya tutug oncom, serabi, pepes, dan colenak juga terus berkembang di kota ini. Selain itu Cireng juga telah menjadi sajian makanan khas Bandung, sementara Peuyeum sejenis tapai yang dibuat dari singkong yang difermentasi, secara luas juga dikenal oleh masyarakat di pulau Jawa.

Sempat muncul di acara kuliner di TV, waktu ke Bandung, gue dan rombongan tergiur untuk mencicipi Batagor Riri. Buat yang mau nyobain, Batagor Riri ada di Burangrang 41, Bandung, Indonesia 40262.

Buat Anda pecinta kuliner, sempatkan untuk singgah ke tempat-tempat ini: Rumah Sosis, House of Risoles (Risol-Risol), (Rumah Produksi) Tahu Susu Lembang, dan sebelum pulang, loe pada bisa dinner dulu dengan menyantap Nasi Kalong.

Rumah Sosis terletak di Setiabudi 295, terletak ditepi jalan raya, dari kota Bandung mengambil jurusan yang ke arah Lembang. Tema yang diambil adalah Eat, Swim, Play, ya, tempat ini ga cuma menjual sosis saja, tapi juga sebagai tempat wisata keluarga yang lengkap. Di sini tersedia beraneka sosis, baik ayam maupun sapi dalam berbagai jenis dan ukuran, seperti Beef Garlic, Black Pepper, Chicken Chipolata, Beef Bockwurst, Mini Bockwurst, Cheesy Super, Mini Cheesy atau Big Bockwurst. Rasanya cukup oke dan sosis disini tidak menggunakan bahan pengawet maupun pewarna. Arena permainan disini juga cukup lengkap, ada kolam renang, ATV, mini motor cross, becak-becakan, sepeda, otoped, flying fox, trampoline, mobil-mobilan, kolam pancing, rumah pohon, fun climbing, kuda tunggang, lorong sesat, perahu sosis, playland, aneka bazzar games (lempar bola ke kaleng, memancing botol, menembak sasaran). Untuk permainan di bazzar games, kita bisa mendapatkan hadiah berupa voucher renang, voucher flying fox, dll.

House of Risoles (Risol-Risol) juga terletak di Setiabudi, jalan yang menuju Lembang. Bangunan yang digunakan adalah bangunan tempo doeloe bergaya Belanda berwarna putih yang terlihat masih dipelihara bentuk aslinya. Desain di dalamnya membuat tamu betah berlama-lama untuk kongkow-kongkow. Warna sofa yang warna-warni membuat suasana menjadi ‘homy’ dan hangat. Terdapat bentuk perapian yang diatasnya terdapat aneka kaleng koleksi berbagai bentuk. Sangat menarik. Jika Anda ingin merasakan udara terbuka, silahkan memilih deretan kursi yang berada di halaman belakang dengan hamparan rumput dan pepohonan. Risol, yang mungkin kita bayangkan adalah jajanan pasar, berubah wujud di tempat ini. Risol dikembalikan ke bentuk dan cita rasa Risolles di Eropa yakni daging ayam, telur, smooked beef, mayonaise, keju, dan dihidangkan dengan salad dan kentang goreng (french fries). Ukurannya pun besar, yummy. Rasanya mantap. Beberapa menu andalannya adalah : Chicken Cordon Bleu Risol, Black Pepper Sausage Risol, Egg Mayo Risol, Bechamel Beef Risol, Pizza Risol, Tuna Mayo Risol. Selain risol, tempat ini juga menyediakan Zuppa Soup, Sirloin Steak, Iga bakar sapi juga nasi goreng. Es krim duren nya juga rasanya maknyus, lembut dan wangi.

(Rumah Produksi) Tahu Susu Lembang terletak di daerah Lembang, 16 km dari Kota Bandung. Tahu Susu Lembang pertama kali diproduksi pada 2006, memadukan murninya susu sapi sehingga menimbulkan cita rasa yang berbeda pada tahu Lembang. Di tempat ini, tahu susu lembang diproduksi, sekaligus dipasarkan dan diolah berbagai masakan khas tahu. Anda dapat merasakan dan menikmatinya sesuai selera, seperti Batagor, Kupat Tahu Susu, Gorengan Tahu, Siomay Tahu Susu, dan berbagai macam olahan lainnya, khususnya khas tanah Pasundan.


Khusus untuk nasi kalong, jam bukanya jam 7 malem sampai jam 3 subuh, terletak di Jalan Riau. Disini ada dua pilihan nasi, nasi putih atau nasi hitam (camputan kluwak dan bumbu-bumbu lainnya). Nasi kalong tempatnya dibuat seperti model open kitchen gitu, tapi ala warung. Makanan disini enak, pantas untuk dicoba jika sedang jalan-jalan ke Bandung :)


Mau makan dengan nuansa pedesaan yang masih alami, tenang dan menyegarkan?
Loe bisa berkunjung ke Kampung Daun, terletak di daerah Cihideung, Bandung.
Kampung Daun dibangun di sebuah lembah kecil di sebelah utara kota Bandung yang diapit oleh 2 tebing batu yang kokoh merupakan latar belakang panggung teater alam kecil, sebuah paduan suara terbentuk oleh alunan gemericik air, hembusan angin pegunungan yang memainkan daun-daun bambu menjadi pengiring orkestra alam yang tiada banding, dengan sebuah sungai yang mengalir dari gunung Burangrang.
Kalo kita menuju Lembang, kita akan menemukan Terminal Ledeng. Dari seberang terminal ini, kita berbelok ke arah kiri untuk menuju Jalan Sersan Bajuri. Jalanan menanjak dan kecil harus dilewati. Kita akan melewati tempat-tempat yang sudah cukup dikenal dan sering dikunjungi di Bandung seperti The Peak, Sapu Lidi dan Kampung Gajah.
Kalo berkunjung pada malam hari, apalagi kalo lagi ujan, pastikan loe pada bawa sweater atau jaket biar ga kedinginan :)


Selain Lembang, daerah di Bandung yang juga patut dikunjungi adalah Ciwidey.
Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, terletak di sebelah selatan Kota Bandung.
Ciwidey dikenal sebagai daerah tujuan ziarah, dan juga sebagai daerah penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan.
Objek wisata di daerah ini misalnya Kawah Putih, Situ (danau) Patenggang, pemandian air panas dan perkebunan teh, yang terletak di daerah pegunungan Patuha.



Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C. Di puncak Gunung Patuha itulah terdapat Kawah Saat, saat berarti surut dalam Bahasa Sunda, yang berada di bagian barat dan di bawahnya Kawah Putih dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada sekitar abad X dan XII lalu. Kawah Putih ini terletak sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang, menuju Ciwidey.
Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Air di danau kawahnya dapat berubah warna, kadang berwarna hijau apel kebiru-biruan kalo terik matahari dan cuaca terang, kadang berwarna coklat susu. Paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atas permukaan kawah. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih, oleh karena itu kawah tersebut dinamakan Kawah Putih.




Satu lagi yang dikembangkan menjadi daya tarik Bandung adalah strawberry.
Yup, Bandung, khususnya Lembang, mank cocok dijadikan tempat untuk perkebunan strawberry karena udaranya yang dingin. Disini strawberry tidak hanya sekedar tanaman saja, tapi dirubah menjadi sebuah wisata, pengunjung dapat memetik buah strawberry sendiri :)
Contoh tempat wisata ini misalnya Rumah Stroberi, All About Strawberry.


Pusat belanja oleh-oleh yang terkenal di Bandung misalnya Primarasa, Brownies Amanda dan Kartika Sari. Untuk Brownies Amanda sendiri mungkin sudah tidak begitu 'eksklusif' lagi untuk dijadikan oleh-oleh, karena sudah dijual di banyak tempat di luar Bandung, gampang didapatkan di rest area, bahkan di Jakarta sendiri sudah banyak dijual.

1 komentar:

  1. assalamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com atau KLIK DISINI semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih tlpon Kh. Ahmad Danan nmr.0822"9128"6336 saya tidak akan melupakan jasa aki.

    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI












































    BalasHapus