Mei 07, 2013

Vihara Surga Neraka, Vihara Tertinggi di Kalimantan Barat

Julukan Kota Seribu Kuil memang cocok dilayangkan untuk Kota Singkawang. Kota yang berjarak sekitar 145 km dari Kota Pontianak ini memiliki banyak kuil yang tersebar di seluruh kotanya. Saya pernah menulis tentang Vihara Cikung: Ji Gong House of Help yang merupakan Vihara terbesar di Singkawang. Kali ini, saya memperkenalkan Vihara Surga Neraka, Vihara tertinggi di Kalimantan Barat yang terletak (juga) di Kota Singkawang.


Vihara yang terletak di daerah Sampalet, sekitar 12 km dari Kota Singkawang ini berada di punggung Gunung Passi. Maka tak heran jika Vihara ini merupakan Vihara tertinggi di Kalimantan Barat.
Karena berada di punggung gunung, maka jalan untuk menuju Vihara ini juga menanjak, layaknya menaiki sebuah gunung. Jalanan yang kanan kirinya adalah pepohonan ini hanya selebar satu buah mobil, jika berpapasan dengan kendaraan lain maka salah satu kendaraan harus mengalah dan menepi ke pinggir jalan.


Layaknya Kuil/Kelenteng lainnya, Vihara Surga Neraka juga memiliki beberapa bangunan didalam satu lingkungan, dimana umat yang bersembahyang di kelenteng harus mengetahui urutan bangunan tersebut agar dapat menancapkan hio/dupa sesuai dengan urutannya.


Jika di kelenteng lainnya para umat dapat memakai alas kaki atau melepaskan alas kaki sebelum masuk kedalam kelenteng, lain halnya dengan di Kelenteng Surga Neraka ini. Di Kelenteng ini, umat diharuskan untuk melewati (sekaligus membersihkan kaki) di anak tangga paling bawah yang diairi dengan air mengalir sebelum naik menuju bangunan paling tinggi di kelenteng ini. Ini merupakan salah satu keunikan dari kelenteng ini.


Bangunan paling tinggi di kelenteng ini memiliki design yang sangat indah. Pada sisi kanan dan kiri dinding semennya dihiasi pahatan naga yang sangat indah.


Selain itu, tata ruangan kelenteng ini juga sangat indah, plus, sangat terawat, bersih dan rapi.



Hal menarik lainnya dari kelenteng ini adalah karena letaknya yang tinggi, sehingga memungkinkan kita untuk melihat keindahan Kota Singkawang dari atas. Sayang, pocket camera saya kurang mumpuni untuk meng-capture keindahan tersebut.


Mungkin, kekurangan kamera poket saya ini merupakan pertanda bahwa Anda harus datang sendiri ke Kelenteng Surga Neraka ini untuk menyaksikan secara langsung keindahan disini :)

6 komentar:

  1. Pake camera pocket aj audah keren..apalagi pake camera mahal..:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah.., thanks kakak! *blushing* :D

      Hapus
  2. Membersihkan kaki? Seperti kalau mau masuk masjid saja. Tapi memang selayaknya masuk tempat ibadah harus bersuci dulu kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang seharusnya begitu kakak :)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. lima tahun yang lalu saya pernah bermotor naik ke sini. bagus sekali :)

    BalasHapus