Mei 14, 2013

Pantai Penyabong, Belitung

Pantai Penyabong, layaknya pantai-pantai lain di daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mempunyai ciri khas bebatuan granit yang tersebar diseluruh area pantai. Uniknya, bebatuan granit di pantai yang satu ini saling sambung menyambung satu sama lain, membentuk batu raksasa dan menjorok kelaut, sehingga pantai ini dinamakan dengan Pantai Penyabong.


Selain itu, pantai ini juga memiliki nama lain, yaitu Pantai Batu Lubang. Dinamakan demikian karena pantai ini terletak Dusun Batu Lubang, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Belitung.


Belum banyak sentuhan pada pantai yang berjarak sekitar 58km dari Kota Tanjung Pandan ini. 10 menit terakhir perjalanan menuju pantai ini harus melewati jalanan tanah merah bercampur pasir, jalanan belum diaspal. Pun, pada saat kunjungan saya ke pantai ini pada akhir September 2012 yang lalu, hanya ada dua warung makanan yang didirikan dan dikelola oleh warga setempat. Pengunjung dapat dengan bebas masuk ke area pantai karena tidak ada tiket masuk yang diberlakukan di pantai ini.


Pasir putih, air biru, bebatuan granit yang khas, pandan laut, semuanya bersatu membuat pantai ini menjadi begitu indah. Pantai yang masih sepi pengunjung ini cocok bagi para pejalan yang ingin melepas lelah, duduk santai diatas batu sambil memandang birunya air laut.




10 komentar:

  1. Suka banget ama batu2nya yang keliatan unik. Dah lama pengen ke Belitung nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, batu di pantai yg satu ini memang unik, hehe..
      Ayo ke Belitung kak! :)

      Hapus
  2. Keren.
    Sering lihat keindahan Belitung di tv tapi kayaknya belum pernah lihat pantai yang satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih sering di ekspos mungkin Pantai Tanjung Tinggi ya, lokasi syutingnya film Laskar Pelangi.., tapi pantai ini juga asik kok :)

      Hapus
  3. Looks good! I'll have to go there some day, but I think Susan already has!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, Adam! You have to come to here!
      Besides this beach, Belitung still have so many other beautiful places :)

      Hapus
  4. bagus ya pantainya..ada mampir2 ke pulau lengkuas juga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pantainya cakep! :)
      Sempat island hopping juga kemarin, mampir ke 4 pulau, salah satunya Pulau Lengkuas.., nanti bakal diupdate diblog juga ceritanya ;)

      Hapus
  5. akkk tahun depan kesini *akhirnyaaa* *menangis bahagia*

    btw solo travelling ke Belitung enaknya kemana aja yah kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh.., asiiikkk...
      Solo traveling disananya pake apaan kak? Motor/mobil?
      Belitung ga kayak Bali sih kak, kemaren kayaknya ga ketemu yg pake motor sih, pada horangkayah semua, sewa mobil semua, hihi :))

      Hapus