Desember 17, 2012

Danau Buyan, Bali

Selain terkenal dengan keindahan pantainya yang menjadi tempat para turis untuk melakukan aktivitas sun-bathing, Bali juga mempunyai daerah sejuk yang juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan dalam dan luar negeri. Nama daerah itu adalah Bedugul, dataran tinggi di Pulau Bali yang terletak diketinggian sekitar 1.500 mdpl. Bedugul pada hari ini telah menjadi salah satu daerah wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan dalam perjalanan wisata Anda di Pulau Bali. Banyak sekali kawasan wisata yang menarik di daerah Bedugul, salah satunya adalah Danau Buyan.

Danau Buyan adalah sebuah danau yang terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau seluas 301.84 Ha ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Danau Buyan diapit oleh kedua danau lainnya, yakni Danau Tamblingan di sebelah barat dan Danau Beratan di sebelah timur.Kedalaman Danau Buyan sendiri diperkirakan sekitar 80 meter, dimana kedalaman danau ini pernah mencapai 140 meter sebelum terjadi pendangkalan dasar danau akibat erosi.



Danau Buyan telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. 144/Kpts-II/1996 tanggal 4 April 1996. Danau Buyan berada di dalam kawasan hutan lindung, walaupun terdapat pemukiman penduduk di sekitar danau. Letak danau yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl membuat udara di sekitar danau sejuk dan segar, dimanfaatkan oleh penduduk sekitar yang berprofesi sebagai petani untuk berbudidaya strawberry.


Selain dimanfaatkan untuk aktivitas bercocok tanam, juga sudah dilakukan aktivitas pariwisata di sekitar danau ini. Aktivitas pariwisata yang dilakukan misalnya memancing. Selain itu, jika hanya ingin berkeliling disekitar danau, banyak perahu yang disediakan dan bisa disewa. Perahu-perahu tersebut adalah perahu tanpa penggerak motor yang disebut pedahu, menjaga agar danau tetap alami.


Seperti layaknya area lain di Bali, di Danau Buyan juga terdapat sebuah pura yang letaknya persis berhadapan dengan danau. Sayang, pura tersebut tidak mendapatkan perawatan yang baik. Pura dalam keadaan terkunci ketika saya berkunjung kesana, terlihat rumput-rumput yang tumbuh dengan liarnya disekitar pura. Jika dirawat dengan baik, pura ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Danau Buyan.


4 komentar:

  1. Sobat, kunjungan balik dari ELTELU -:[SEMAR BINGUNG'S WEBLOG]:-

    Saya sampaikan terimakasih atas kunjungan serta berkenannya mengeposkan komentar di blog saya, dan tidak lupa saya sampaikan pula salam kenal serta salam berbagi. :)

    Oh ya, btw mohon maaf apabila komentar saya tidak sesuai dengan topik yang diuraikan dalam artikel tersebut di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sob sudah mau singgah di blog saya :)
      senang menemukan blog sobat, banyak tips keren disana! :)

      Hapus
  2. wah kayaknya tempatnya asyik tuh kak buat dijelajahi :D
    view-nya bagus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulau Bali itu, Indonesia itu, setiap titiknya sangat indah dan sangat pantas untuk dijelajahi ;)

      Hapus