November 22, 2011

Akhir Pekan di Taman Bunga Nusantara

Tinggal di ibukota memang dipenuhi dengan rutinitas kerja, terlebih untuk mereka yang bekerja di back office yang setiap hari berhadapan di depan monitor, tentu membuat mata menjadi cepat lelah.
Nah, kenapa tidak mencoba menyegarkan kembali mata pada akhir pekan dengan melihat sesuatu yang 'hijau' dengan mengunjungi Taman Bunga Nusantara?

Taman Bunga Nusantara berdiri di atas lahan seluas 23ha, terletak didekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor dengan jarak tempuh sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dari Jakarta. Melalui jalan raya puncak, sampai melewati puncak pass, dan belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga. Dari persimpangan ini jaraknya hanya 9 km. Di taman ini terdapat berbagai tipe bunga dan tanaman yang terkenal dan unik di seluruh dunia, terutama budi daya anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di tempat ini.


Saat memasuki pintu utama kita langsung disuguhi keindahan tanaman bunga yang dibentuk menyerupai burung merak. Pada ekornya disusun berbagai jenis tanaman bunga beraneka warna, burung merak ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dilihat. Tidak jauh dari burung merak terdapat jam raksasa yang disusun pula dari berbagai jenis tanaman bunga. Yang unik dari jam ini adalah jam ini tidak hanya sekedar pajangan, karena jam ini bergerak dan berdentang setiap jam. Jam taman ini dirancang oleh teknisi dari Jepang.

Selain sebagai sarana rekreasi, Taman Bunga Nusantara juga dipakai sebagai kebun percobaan dengan berbagai jenis bunga dan tanaman tertentu yang berasal dari daerah subtropis dan negara-negara beriklim dingin di Eropa, Amerika, dan Australia. Ada berbagai macam tamanan khusus yang ditampilkan di Taman Bunga Nusantara yang dibuat dengan menunjukkan ciri khas dari daerah-daerah tersebut, termasuk dekorasi taman yang juga disesuaikan, sehingga Anda dapat merasakan suasana daerah masing-masing, misalnya taman air, taman mawar, taman Perancis, taman rahasia (labirynth), taman bali, taman mediterania, taman palem, dan taman gaya Jepang.


Di taman air terdapat aneka teratai air, Blue Thalia, Lotus, teratai raksasa (Victoria Amazonica) dan Giant Arum yang menyerupai pohon pisang. Lotus didatangkan langsung dari Asia Timur dan Australia, sedangkan teratai raksasa berasal dari Amerika Selatan. Di taman ini juga terdapat tanaman dari AS bagian tenggara yang mempunyai nama latin Thalia Delbata. Selain itu, ada juga pohon papyrus yang berasal dari Mesir. Pohon papyrus ini digunakan sebagai bahan pembuat kertas oleh bangsa Mesir sejak 2750 SM.

Taman rahasia (labirynth) adalah sebuah taman yang berdinding tanaman menyerupai tembok pembatas setinggi manusia dan membentuk lorong-lorong di mana tujuan akhir Anda memasuki labirin ini adalah mencapai daerah yang terdapat di tengan labirin ini. Jika tidak ingin tersesat, pada pintu masuk taman ini Anda bisa membeli peta taman ini dan kemudian menghubung-hubungkan jalan di peta tersebut menggunakan pulpen untuk mendapatkan jalan keluar. Anda juga bisa berkomunikasi dengan teman Anda yang menaiki menara pengawas yang berjarak kira kira 20 meter dari pintu masuk labirin.



Di taman ini juga terdapat rumah kaca dengan lebih dari 3000 panel kaca yang menyimpan beraneka macam tanaman di area seluas 2.200myang dibuat oleh ahli rumah kaca yang langsung didatangkan dari negeri Belanda.

Selain itu, terdapat pula danau angsa dimana kita bisa melihat angsa putih dan angsa hitam yang didatangkan langsung dari Australia dan Eropa serta belibis yang didatangkan dari Belanda, rafflesia mini theater, gazebo, alam imajinasi, amphitheater (panggung terapung), kereta datto, menara pandang dan lain-lain.

Taman bunga ini memang sudah dirancang dan dibangun sedemikian rupa sehingga enak dinikmati dengan berjalan kaki. Taman ini sangat cocok untuk refreshing, menghilangkan kepenatan ibukota. Lihatlah pepohonan yang ditanam rapi menyusuri jalan ini :)


Selain pepohonan, Anda juga akan mendapati lavender yang ditanam rapi ditepi jalan, sangat indah :)


Taman Bunga Nusantara memang sangat luas. Jika Anda takut akan kecapaian jika mengelilingi taman dengan berjalan kaki, Anda bisa menaiki mobil wira-wiri yang telah disediakan, sehingga Anda tidak perlu berkeliling taman dengan berjalan kaki serta dapat menghemat waktu Anda. Mobil ini dilengkapi dengan rekaman suara pemandu yang menjelaskan tentang tempat ini.

Oh ya, bunga-bunga di Taman Bunga Nusantara banyak yang didatangkan langsung dari luar negeri yang masa hidupnya cuma 2-3 bulan saja. Bunga-bunga ini harus mendapatkan perawatan ekstra, termasuk penyediaan lahan yang subur, penyiraman dengan takaran air yang tepat, dan pemberian insektisida secara teratur. Setelah masa hidup bunga-bunga ini habis, seluruh bunga di taman ini akan diganti dengan yang baru. Oleh karena itu jangan heran jika kita berkunjung lagi ke sana, kita akan mendapat dekorasi warna bunga yang berbeda. Anda akan mendapatkan pemandangan keindahan yang selalu berbeda setiap kali berkunjung ke taman ini :)


4 komentar:

  1. Salam kenal Wenni :)
    Complete nih reviewnya, skalian share ya, siapa tahu mau ikutan nih.. nge-Blog traveling skaligus dapat hadiah, total hadiah 12 juta ;) Bisa cek langsung ya di link berikut : bit.ly/11IwgXv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lala, salam kenal juga ya :)
      Thanks udah mampir diblogku ;)

      Hapus
  2. wow, keren bgt...
    pngen bgt ke sana, itu di bogor yaa..?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak, Taman Bunga Nusantara terletak di Bogor.
      Taman ini memang keren, Kak, layak dikunjungi, bunga disana juga rutin diganti sesuai dengan masa hidup bunga, jadi setiap kali kesana dekorasi bunganya selalu berbeda :)

      Hapus