Desember 12, 2011

Indahnya Air Terjun Sendang Gile & Tiu Kelep di Lombok

Jalan-jalan ke Pulau Lombok jangan lupa berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile dan Aie Terjun Tiu Kelep, terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, sekitar 60km dari Kota Mataram.

Asal mula nama Sendang Gile konon katanya karena penduduk setempat secara tidak sengaja menemukan air terjun ini pada saat memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan.

Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani. Untuk mencapai kawasan wisata ini, bagi yang tinggal di daerah Senggigi Beach dapat berjalan menuju ke arah Utara melewati Hutan Monyet Pusuk. Perjalanan dengan kendaraan bermotor roda dua menempuh waktu sekitar 3-4 jam perjalanan, cukup lama memang, karena ini memang pengalaman pertama kami di Pulau Lombok, bermodal sepeda motor sewaan dan peta ditangan, sampai akhirnya kami tiba di air terjun yang indah ini :)

Air Terjun Sendang Gile
Ingin melihat air terjun yang lebih wah dari air terjun yang di atas?
Lanjutkan perjalanan menyusuri jalan kecil, jembatan 'unik', dan sungai kecil, dan lihatlah betapa mempesonanya Air Terjun Tiu Kelep!





Air Terjun Tiu Kelep
Jika ingin berbasah-basahan, jangan lupa membawa baju ganti, ada kolam di bawah Air Terjun Tiu Kelep dan rasakan sensasi dinginnya air di air terjun ini! :)

By the way, dari segi namanya, Air Terjun Tiu Kelep berasal dari Bahasa Sasak, bahasa sehari-hari masyarakat Lombok. Tiu sendiri berarti kolam dan Kelep adalah terbang, sehingga Tiu Kelep dapat diartikan sebagai kolam tempat air yang beterbangan.

Berkunjung ke air terjun ini jangan ragu untuk menggunakan jasa tour guide agar tidak nyasar. Untuk menuju Air Terjun Sendang Gile memang sudah tersedia jalur trackingnya, tetapi belum ada jalur tracking menuju Air Terjun Tiu Kelep. Dari biaya jasa yang ditawarkan, kita masih bisa menawarnya, tapi jangan afgan ya..
Pada saat kesana kebetulan kami ditawari biaya jasa guide yang masih masuk akal, plus orangnya yang ramah, menawarkan kami untuk membawa ransel kami dan menawarkan diri untuk memotret kami :)

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan jasa guide, tentunya dengan persetujuan Anda di awal terlebih dahulu, pada saat selesai berkunjung dari Air Terjun Tiu Kelep, Anda akan diajak berpetualang melewati track yang berbeda dari track sebelumnya, menyusuri terowongan yang dialiri air, yang kemungkinan besar akan Anda lewati jika melakukan tracking tanpa guide. seru!! :)


Sekedar tips, sebelum berangkat ke lokasi wisata ini, pastikan lampu kendaraan yang Anda gunakan berfungsi sempurna. Belum ada lampu penerangan yang cukup di sepanjang jalan dari lokasi air terjun sampai dengan kawasan Senggigi. Perjalanan yang lumayan panjang dan Anda akan mendapati diri Anda pulang pada malam hari.

5 komentar:

  1. The beauty of Indonesian waterfalls...Mangstabbb :)

    BalasHapus
  2. Sendang Gile adalah satu Air Terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani tempatnya di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara,NTB. Kira kira 60 km dari Kota Mataram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya, sudah saya perbaiki ya :)

      Hapus
  3. Koreksi dsini mbak :
    Tiu sendiri berarti kolam dan Kelep adalah kolam, sehingga Tiu Kelep dapat diartikan sebagai kolam tempat air yang beterbangan.

    seharusnya :
    Tiu sendiri berarti kolam dan Kelep adalah terbang, sehingga Tiu Kelep dapat diartikan sebagai kolam tempat air yang beterbangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, terima kasih atas koreksinya ya, saya typo :D
      Sudah saya koreksi diatas :)

      Hapus