Februari 06, 2012

Liburan Musim Panas yang Sempurna di Gili Trawangan, Lombok

Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu ikon utama pariwisata Indonesia. Keindahan Pulau Lombok tidak ada duanya di Indonesia. Selain Pulau Lombok sebagai pulau utama dengan eksotismenya, pulau ini mempunyai beberapa pulau kecil di sekitarnya juga dengan eksotismenya yang akan mengundang Anda untuk menikmati keindahan pulaunya.

(Sumber: http://wikitravel.org)
The Gilis dari kiri ke kanan: Trawangan, Meno, Air

Kawasan pantai barat Lombok menjadi kawasan yang tidak akan dilewati oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Selain Pantai Senggigi yang terkenal, kawasan pantai barat Lombok masih mempunyai tiga pulau kecil yang berada dalam satu garis lurus, oleh masyarakat setempat disebut gili, terkenal dengan nama Gili Matra, yakni Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Gili Trawangan biasanya tidak pernah dilewatkan oleh para wisatawan. Gili ini merupakan gili dengan populasi penduduk paling tinggi dibandingkan dengan kedua gili yang lain, yakni dihuni sekitar 800 jiwa. Gili Trawangan memang merupakan gili terbesar diantara ketiga gili tersebut, memiliki panjang 3km dan lebar 2km. Bagian paling padat penduduk adalah bagian timur pulau ini. Gili Trawangan juga merupakan satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan.




Bayangkan segala hal yang akan Anda lakukan pada saat melakukan liburan musim panas: berjalan di atas pasir pantai yang putih, berenang di dalam air sebening kristal, melihat terumbu karang dengan ikan hias yang menggemaskan, BBQ di tepi pantai, pesta cocktail di tepi kolam, menari dalam pesta di bawah sinar bulan!


Yes! Gili Trawangan-lah jawabannya. Gili Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam dibandingkan dengan Gili Meno dan Gili Air. Nuansa "pesta" lebih terasa disini karena banyaknya pesta yang digelar setiap malam yang acaranya dirotasi oleh beberapa tempat keramaian. Kedai Tir na Nog mengklaim bahwa Gili Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang mempunyai bar Irlandia.


Untuk dapat mencapai The Gilis, Anda harus melakukan perjalanan menuju Bangsal. Sesampainya di Bangsal, Anda bisa membeli tiket dengan harga yang disesuaikan dengan tujuan gili mana yang akan dituju. Ketiga pulau kecil yang berada di tengah lautan itu memiliki perbedaan karakteristik yang unik. Masing-masing punya suasana alam dan ciri khas tersendiri. Bahkan, akhirnya perbedaan itu seakan memilah wisatawan sesuai dengan minat, sifat, dan kepribadiannya. Jarak tempuh menuju ketiga pulau ini paling lama menghabiskan waktu 30 menit, bergantung pada besarnya ombak.


Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau. Bagi para diver atau snorkeler, Anda dapat menikmati segala jenis keindahan laut, termasuk menikmati keindahan penyu hijau (Chelonia mydas). Anda dapat melihat penyu-penyu ini di kedalaman 10-20m dibawah laut.


Yang unik dari Gili ini adalah Anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor di Gili Trawangan, begitu juga di dua gili lainnya, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Anda dapat menyewa kereta kuda cidomo untuk mengelilingi keseluruhan pulau. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.



Sayang, kita tidak bisa mengunjungi ketiga gili ini hanya dalam waktu 1 hari jika menggunakan transportasi umum, karena jadwal keberangkatan kapal yang tidak memungkinkan. Jika ingin mengunjungi semua gili dalam waktu 1 hari maka kita harus men-charter kapal yang tentunya memakan biaya yang lebih besar. Jika menggunakan transportasi umum maka paling banyak kita hanya bisa mengunjungi 2 gili saja.

3 komentar:

  1. the gilis emang keren,, tapi tidak keren lagi gili sudak, gili nangu kedis, dan gili lainnya yang di sekotong,, :)
    salam kenal

    BalasHapus
  2. buat traveller pencinta pulau lombok dan gili trawangan, gili air dan gili meno, yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : lombok i love you - #song #reggae #amtenar - makasih untuk tulisannya ini ya kakak. cheers

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    BalasHapus