September 04, 2012

Car Free Day: Ketika Jalanan Ibukota Menjadi Ramah

Liburan telah berlalu, kini saatnya untuk kembali beraktivitas.
Bagi warga ibukota, hari-hari dimana mereka kembali bergelut dengan suasana jalanan Jakarta yang dipenuhi dengan kendaraan yang lalu lalang melaju bak dikejar setan dan kemacetan dimana-mana, tentu bukanlah hari yang dinanti-nantikan.
Tapi, tunggu sejenak, ada saat dimana jalanan Jakarta menjadi ramah, saat dimana tidak ada kendaraan yang melintas dan jalanan dikuasai oleh kita, manusia. Ya, Jakarta (dan sejumlah kota besar lainnya) kini rutin melaksanakan suatu event bernama Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day), dimana pada hari tersebut jalanan yang menjadi tempat diselenggarakannya acara tersebut akan ditutup bagi kendaraan, di Jakarta, hanya bus TransJakarta saja yang diperbolehkan untuk tetap lewat di jalur khusus busway.

(Sumber.  http://gogirlmagz.com)


Pertama kali digelar di Jakarta pada Minggu, 27 April 2008, Car Free Day hari ini telah menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh beberapa kota besar di Indonesia. Khusus Jakarta, Car Free Day yang paling ramai diikuti adalah Car Free Day yang diselenggarakan di daerah Sudirman - Thamrin.

Kawasan Sudirman-Thamrin adalah kawasan yang terkenal dengan tingkat kepadatan lalu lintasnya yang tinggi. Siapa yang tidak kenal dengan Bundaran Hotel Indonesia yang terkenal itu? Pada hari biasa, tidak akan ada yang bisa bersantai sambil menikmati udara segar di kawasan itu. Sejak Car Free Day diselenggarakan, kawasan ini telah menjadi primadona peserta, termasuk saya. Jalanan yang biasanya dikuasai oleh kendaraan kini dikuasai oleh kita, para manusia yang haus akan jalanan yang ramah. Asyiknya menikmati suasana pagi di Kota Jakarta dengan udaranya yang segar dan jalanan yang ramah.


Pada awal diselenggarakan, kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungannya terhadap kendaraan bermotor. Tema yang diusung adalah tinggalkan kendaraan bermotor Anda di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang. Maka tidak heran, kegiatan ini dijadikan ajang tempat untuk bersepeda oleh masyarakat, karena pada saat kegiatan ini berlangsung, Anda dapat bersepeda dengan aman dan tenang tanpa takut dengan banyaknya kendaraan bermotor yang lalu lalang. Bus TransJakarta yang tetap beroperasi di jalur busway pun melaju dengan sangat pelan.


Selain sebagai ajang untuk bersepeda ria, masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kita jumpai dalam kegiatan ini, misalnya pada saat saya mengikuti kegiatan ini, saya menjumpai sekelompok pecinta sepeda ontel berseragam pak pos yang memamerkan sepeda koleksi mereka disini :)


Animo masyarakat yang besar terhadap kegiatan yang rutin diselenggarakan di kawasan yang berbeda setiap minggunya mulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 12 siang ini telah merubah Car Free Day menjadi kegiatan yang sangat asyik untuk mengisi akhir pekan kita. Tidak hanya ajang bersepeda dan menyalurkan hobby seperti pencinta sepeda ontel tadi, masih banyak kegiatan menarik lainnya yang bervariatif setiap minggunya yang bisa diikuti dalam kegiatan Car Free Day ini, karena banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba untuk mengadakan event promosi bersamaan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dan tidak jarang pula Anda bisa pulang sambil membawa souvenir dari mereka :)

 
 
Berikut jadwal Car Free Day DKI Jakarta 2012.
(sumber:  http://www.tmcmetro.com)

Anda juga ingin ikut merasakan jalanan Ibukota yang ramah? Ayo berpartisipasi dalam Hari Bebas Kendaraan Bermotor, bantu menciptakan udara yang baik dan segar sambil bersenang-senang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar