September 18, 2012

Taman Wisata Alam Situ Patengan, West Java

Satu lagi objek wisata di daerah Ciwidey selain Kawah Putih adalah Telaga Patengan, atau juga sering disebut dengan nama Situ Patengan atau Situ Patenggang. Jarak antara kedua objek wisata ini tidak begitu jauh, Kawah Putih di atas Gunung Patuha sedangkan Situ Patenggang di kaki gunungnya. Sepanjang perjalanan menuju ke situ, mata kita akan disegarkan oleh hijaunya alam sekitar, mulai dari pepohonan, hamparan perkebunan teh hingga perkebunan strawberry. Situ Patenggan sendiri terletak di belakang hamparan perkebunan teh.



Situ Patenggan adalah sebuah Taman Wisata Alam seluas 65 ha yang terletak pada ketinggian 1600 mdpl. Pada ketinggian dan suasana alam seperti ini, sudah pasti udara dingin dan segar yang akan dirasakan disini.


Untuk masuk ke dalam taman wisata ini, para pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar Rp6.000/orang, sesuai dengan tarif yang tertera pada papan tiket berikut ini.


Danau seluas 48 ha dari TWA seluas 65 ha ini tidak lepas dari sebuah mitos yang berkembang disana. Mitos tersebut di tulis dan dibingkai di dalam sebuah figura besar sehingga dapat dibaca oleh semua pengunjung.


Kata situ patenggang berasal dari bahasa Sunda, situ berarti danau dan pateangan-teangan berarti saling mencari. Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya. Karena cinta mereka yang begitu dalam, mereka saling mencari dan akhirnya dipertemukan kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta". Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka).


Kepercayaan bahwa hubungan sepasang kekasih akan langgeng dan abadi seperi Ki Santang dan Dewi Rengganis jika singgah di Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara menjadikan Pulau Asmara dengan Batu Cintanya menjadi favorit para pengunjung. Untuk dapat mencapai Pulau Asmara yang berada di tengah danau, Anda bisa menggunakan perahu yang banyak bertengger di tepi danau. Banyak yang akan menawari Anda jasa untuk mengantarkan Anda sampai ke Pulau Asmara. Tawar-menawar tarif biasa dilakukan disini.

Setelah menikmati keindahan alam di situ, sebelum beranjak, tidak ada salahnya membeli oleh-oleh dari sini. Layaknya kawasan wisata lainnya di daerah Bandung, kawasan ini juga menawarkan buah strawberry yang banyak dibudidayakan di kota ini. Cuaca yang sedang hujan bukanlah penghalang bagi mereka untuk tetap menjajakan strawberry mereka kepada para pengunjung.


Selain para penjaja buah strawberry, banyak pula toko yang menyediakan beragam barang, berbaris menunggu para wisatawan untuk singgah.


Situ Patenggang adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berawal dari kepercayaan mengenai situ ini dan suasana alamnya, cocok untuk menyegarkan jiwa dan pikiran, seperti yang kami lakukan, melepaskan diri sejenak dari rutinitas pekerjaan dan hiruk pikuk ibukota.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar