Juli 11, 2013

Vihara Dharma Suci Belitung, Vihara Jawaranya Barongsai

Mobil yang membawa rombongan kami melintas dibawah sebuah gapura indah khas sebuah Kelenteng. Ya, kami memasuki areal sebuah Kelenteng di daerah Manggar, Belitung Timur. Turun dari mobil, saya kembali berjalan keluar Kelenteng untuk sekali lagi melihat dengan jelas gapura yang baru saja kami lalui itu. Gapura itu dihiasi patung dua ekor naga disisi kanan dan kiri gapura, dengan sebuah mestika ditengahnya. Gapura tersebut bertuliskan Vihara Dharma Suci, nama Vihara tersebut.



Vihara Dharma Suci, sama seperti Kelenteng Fuk Tet Che, adalah sebuah Vihara yang memusatkan pemujaan kepada Dewa Bumi (Hok Tek Ceng Sin/Tu Ti Pak Kung). Sebuah patung Dewa Bumi berada di altar utama Vihara ini.


Berada didalam Kelenteng, mata saya tertuju pada sekumpulan piala yang dipajang disalah satu sudut Vihara ini. Setelah saya perhatikan, seluruh piala tersebut adalah piala kemenangan dari festival barongsai. Mengertilah saya akan kegunaan tiang-tiang hijau bertutul hitam yang terdapat didepan Vihara ini. Ya, tiang-tiang tersebut digunakan untuk berlatih barongsai oleh Vihara yang telah banyak memenangkan kejuaraan dalam berbagai festival barongsai ini.



Saya menyukai Vihara ini, bangunannya indah, menurut saya. Ingin rasanya mengunjungi kembali Vihara ini pada saat mereka sedang melakukan latihan Barongsai.

Saya mendapati adanya sebuah sungai didepan Vihara ini. Berjalan kearah sungai, beberapa penduduk sekitar sedang bersiap untuk melaut. Mereka memproduksi sendiri es yang digunakan untuk keperluan melaut. Saya senang berkomunikasi sambil memperhatikan aktivitas mereka, terlebih, mereka ramah. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar