Desember 23, 2015

Kuningan: Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami

Pada saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan beberapa waktu lalu, selain mengunjungi Objek Wisata Cibulan kami juga berkunjung ke Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami.


Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami terletak dikaki Gunung Ceremai, tepatnya di Kecamatan Cilimus, jaraknya kurang lebih 14 km dari pusat kota Kuningan. Air panas di Pemandian Air Panas Sangkanurip berasal dari Gunung Ceremai, kaya akan belerang sehingga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, atau sekedar untuk relaksasi tubuh.

Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami terbagi menjadi dua bagian. Pengunjung bisa memilih untuk mandi diruangan terbuka di kolam renang, atau diruangan tertutup utama atau executive. Harga tiket masuk juga beragam tergantung pilihan pengunjung.



Saat itu adalah liburan long weekend memperingati Hari Raya Idul Adha. Pengunjung Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami membludak, kolam renang penuh dengan pengunjung sehingga kami akhirnya memutuskan untuk memilih ruang tertutup utama untuk sejenak merelaksasi tubuh setelah sehari sebelumnya terjebak dalam kemacetan parah dalam perjalanan menuju Kuningan. Serasa mudik, perjalanan yang seharusnya hanya ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam menjadi 17 jam lamanya. Memilih ruangan tertutup, kamipun tidak bisa masuk kedalam kolam renang, karena pintu masuk kolam renang dan ruangan tertutup berbeda. Kolam renang hanya terlihat dari balik jeruji besi pembatas ruangan, sehingga kami tidak bisa melihat luncuran naga yang terdapat disisi lain kolam renang tersebut.


Pilihan kami pada ruangan tertutup utamapun ternyata tidak tepat, karena kami tidak bisa menikmati suasana mandi air panas. Karena ramainya pengunjung yang mengantre, masing-masing pengunjung hanya diberi waktu 10 menit didalam ruangan. Karena ruangan yang menurut saya kurang bersih, saya menghabiskan beberapa saat untuk sedikit membersihkan ruangan terlebih dahulu. Belum juga merasakan kehangatan air panas pemandian tersebut, kami sudah harus keluar karena alarm tanda waktu habis sudah berbunyi kencang menyakitkan telinga.

Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami ini sangat ramai dikunjungi pada musim liburan. Saran saya, jika ingin menikmati hangatnya suasana pemandian air hangat disini, usahakan datang pada saat low season dan hindari musim liburan.

3 komentar:

  1. Wah rame sekali ya pemandianya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak, kalo musim liburan rame bener XD

      Hapus
  2. di tempat ini membuat betah lama-lama berendem... mantep ya...
    Salam Sahabat
    Villa Istana Bunga

    BalasHapus