Maret 02, 2012

Menjajal Seawalker di Nusa Dua, Bali

Jalan-jalan ke Pulau Bali tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi wisata air, atau yang lebih dikenal dengan istilah watersport, yang sangat terkenal sampai ke telinga dunia. Kawasan Nusa Dua dan Tanjung Benoa yang letaknya bertetangga adalah tempat favorit para turis untuk menikmati watersport, terletak sekitar 40km dari Denpasar, ibukota provinsi Bali.

Watersport di Bali menawarkan beragam jenis permainan yang tentunya akan memanjakan para pecinta wisata air, mulai dari Jetski, Banana Boat, Donut Mable, Parasailing, Flying Fish, Scuba Diving, Snorkeling, Glass Bottom Boat + Turtle Island, Water Ski, Wake Board, dan yang teranyar adalah Seawalker.


Pada travelling kali ini, saya berkesempatan untuk mencoba aktivitas seawalker yang merupakan watersport teranyar yang ditawarkan untuk pencinta wisata air. Disini saya memanfaatkan paket hemat watersport di Nusa Dua yang ditawarkan oleh salah satu travel agent ketika saya menghadiri event Indonesia Travel and Holiday Fair (ITHF) yang rutin diselenggarakan dua kali dalam setahun. Dengan harga yang terjangkau, hanya Rp625.000/orang, selain seawalker, paket ini juga mencakup beberapa watersport lainnya, yakni Parasailing, Donut Mable, Banana Boat, dan Flying Fish.


Dari beragam watersport yang sudah disebutkan di atas mungkin hanya seawalker yang masih terdengar asing di telinga. Seawalker adalah wisata air dimana kita diajak untuk berjalan di dasar laut dengan menggunakan helm kedap air, sehingga air tidak akan masuk ke dalam helm. Dengan menggunakan helm ini juga kita tidak perlu melepas kacamata. Dalam bernapas, kita dibantu dengan oksigen yang dialirkan melalui kabel yang terhubung dengan helm. Pengalaman saya, helm ini relatif berat ditambah dengan arus di bawah laut yang cukup kencang membuat badan saya yang kecil terkadang hampir tidak bisa menopang tubuh saya. Tetapi tidak perlu khawatir, kita akan didampingi oleh beberapa instruktur selama seawalker dengan tugas mereka masing-masing, ada yang dari bawah membimbing kita sampai ke titik-titik perhentian yang telah ditentukan, melihat keindahan alam bawah laut dengan terumbu karangnya yang indah, bermain-main dan memberi makan ikan-ikan, ada yang sambil menyelam memperhatikan peserta sambil sesekali menanyakan kondisi peserta, karena ditakutkan peserta tidak mampu beradaptasi dengan tekanan air di bawah laut. Seawalker juga aman untuk peserta yang tidak bisa berenang.


Jika paket watersport yang Anda ambil tidak mencakup underwater photo dan Anda tidak ingin melewatkan begitu saja pengalaman wisata air Anda, tidak ada salahnya menggunakan jasa fotografer untuk mengabadikan dan merekam moment watersport kalian.

Kegiatan seawalker sangat menyenangkan dan patut dicoba. Jika sedang berjalan-jalan di Pulau Bali, jangan sampai melewatkan aktivitas ini, nikmati saat-saat berjalan di bawah laut sambil menikmati keindahan alam bawah laut di Nusa Dua Bali sambil memberi makan ikan-ikan nan cantik di dasar laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar