Juni 24, 2013

Bendungan Pice, Bendungan Peninggalan Belanda di Belitung

Hanya 5 menit saja waktu yang diperlukan dari Kelenteng Sun Li San untuk sampai di Bendungan Pice.


Bendungan Pice yang terletak di Gantung, Belitung Timur, ini adalah sebuah bendungan peninggalan Belanda. Konon, namanya diambil dari nama seorang arsitek Belanda bernama Sir Vance yang merancang bendungan ini. Diujung bendungan terdapat tulisan "1934/35/36", mungkin untuk menandakan bahwa bendungan tersebut dibangun pada tahun 1934-1936.



Bendungan Pice berdiri di hulu Sungai Lenggang. Dengan panjang sekitar 50m, dibangun 16 pintu air dengan masing-masing pintu air memiliki lebar sekitar 2.5m. Konon, Belanda membangun bendungan ini agar mereka dapat dengan leluasa mengatur tinggi rendahnya permukaan air di sungai ini, sehingga mempermudah sistem kerja kapal keruk mereka untuk mengeksplorasi timah.


Sayang, bendungan ini sudah tidak difungsikan lagi (atau mungkin sudah tidak berfungsi). Saya sangat ingin melihat "air terjun" yang dihasilkan oleh bendungan ini yang konon bisa mencapai ketinggian hingga 10m.


Bendungan Pice dapat dijadikan sebagai tempat yang asyik untuk duduk sambil merasakan semilir angin yang berhembus disini. Terdapat sebuah warung makanan yang menyediakan pondok sehingga pengunjung bisa duduk sambil menikmati Sungai Lenggang yang berhiaskan bendungan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar