Juli 15, 2013

Vihara Buddhayana Burung Mandi, Vihara Terbesar Di Belitung

Vihara yang sangat terkenal di Belitung ini bernama Vihara Burung Mandi. Dinamakan demikian karena Vihara ini terletak dilereng Gunung Burung Mandi, Desa Burung Mandi. Vihara yang menganut aliran Buddhayana ini merupakan Vihara terbesar di Belitung.



Vihara yang terletak Kabupaten Belitung Timur ini juga populer dengan nama Vihara Dewi Kwan Im. Vihara ini memang memusatkan pemujaan kepada Dewi Kwan Im, atau juga disebut dengan Bodhisatva Avalokitesvara. Sama halnya dengan Kelenteng Sun Li San yang juga memusatkan pemujaan kepada Dewi Kwan Im, diatas pintu masuk bangunan utama Vihara ini juga tertulis 观音堂 (Guān Yīn Táng).


Merupakan salah satu Vihara tertua di Belitung, konon, Vihara ini telah berdiri sejak dua setengah abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1747. Pada dinding bangunan utama Vihara ini tertulis bahwa Vihara ini pernah mengalami pemugaran dan diresmikan pada 24 Januari 1987 oleh A. S. Kristyanto, Bupati Kepala Daerah Tk. II Belitung pada masa itu.



Letak Vihara yang berada pada ketinggian ini menyebabkan Vihara tidak hanya ramai dikunjungi oleh umat yang bersembahyang, tetapi juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Belitung dari atas. Dari atas Vihara, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Pantai Burung Mandi dari kejauhan. Letak pantai ini memang berada tidak jauh dari Vihara ini.


2 komentar:

  1. Aku tak sempet mampir kesini gara2 gerimis mengundang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tandanya nanti harus balik lagi ke Belitung, Kak, hihi :D

      Hapus