April 09, 2012

Mengunjungi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Bali

Destinasi berikutnya dalam travelling saya di Bali adalah mengunjungi Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK, merupakan sebuah taman budaya di bagian selatan Pulau Bali. Taman Wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, sekitar 40 km di arah selatan Kota Denpasar, ibukota Provinsi Bali.


Area Taman Budaya GWK berada pada ketinggian 146m di atas permukaan tanah atau 263m di atas permukaan laut. Di taman budaya ini rencananya akan dibangun sebuah landmark atau maskot Bali berupa patung raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12m.


Letak patung yang berada di atas bukit memungkinkan kita untuk melihat keindahan Bali dari atas.


Tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza, dimana terdapat Patung Garuda setinggi 18m ditempatkan sementara.


Garuda Plaza pada saat ini menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000m2 luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Lotus adalah teratai. Diberi nama Lotus Pond karena Dewa Wisnu selalu membawa bunga teratai ditangannya dan hampir semua dewa dari dewa Hindu duduk di atas teratai atau membawa bunga teratai.
Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara berskala besar nasional maupun internasional.


Pada saat saya berkunjung kesana, kebetulan sedang diadakan pagelaran seni budaya Bali di Amphitheatre yang berkapasitas 800 tempat duduk dan memiliki tatanan akustik kelas satu.


Saya juga sempat mendapatkan nail painting gratis yang juga bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke GWK, khususnya di Balairung Dewi Sri. Selain nail painting, masih ada hair braiding, temporary tattoo dan carricature. Ketika saya berkunjung kesini, kebetulan hanya bisa nail painting saja, dan lihat jemari saya yang sudah di nail painting ;)


Untuk masalah tiket, sistem ticketing di GWK sendiri sudah menggunakan sistem barcode. Tiket masuk ke GWK merupakan tiket masuk kawasan wisata termahal selama saya di Bali, Rp25.000/orang. Tetapi harga tiket masuk tersebut terbayar sudah setelah melihat ke dalam taman budaya ini, karena kita dapat menyaksikan kebudayaan bali secara utuh yang berbaur dengan keindahan alam dari bukit kapur yang telah dipotong-potong  menjadi blok-blok kapur berukuran besar serta melihat keindahan Bali dari ketinggian. So, jangan enggan untuk mengunjungi GWK :)

3 komentar:

  1. Selama ini orang2 nyempetin mampir ke patung GWK cuma buat foto narsis di depannya, ternyata dalemnya keren bgt dan bisa liat seni kebudayaan Bali (plus nail printing) hihihiii...

    Nice. Love the nail printing. I should try it when visiting Bali :D

    Btw blog saya lagi bikin giveaway nih, hadiahnya buku traveling. Ikutan yuks :D

    http://roundmerryround.blogspot.com/2012/04/merry-go-round-1st-giveaway.html

    BalasHapus
  2. WoW CollLLLLL....

    Kalau wisata ke Bali apalagi pergi ke GWK itu seruuu. Kok gag sekalian ke Pantai Dreamland + Uluwatu??? Mantabz loo0 :) Kami menawarkan paket tour murah + diskon dan dengan kualitas yang sangat memuaskan.
    Infonya : klik disini .

    Info paket tour + liburan menyenangkan lainnya bisa dilihat klik disini.

    Jangan lewatkan liburan yang berharga dan dengan harga yang murah+diskon tentunya.
    Segera hubungi atau kunjungi web kami. [http://balitopholiday.com]

    Terima kasih banyak.
    Info dan Pemesanan
    Hotline : 082145918309 atau 082147028881
    Email : info@balitopholiday.com

    BalasHapus
  3. wah kalau ke garuda wisnu kencana sekarang enak ya udah ada trayek ke arah GBK tanjung benoa jadi mudah bagi wisatawan

    BalasHapus