April 16, 2012

Itinerary: Petualangan ke Pulau Lombok

WOW!!
Itu kata yang terlintas di benak saya ketika pada akhirnya saya memberanikan diri untuk menjadi seorang backpacker.
Perjalanan kali ini bisa dikatakan sebagai perjalanan backpacking pertama terbesar dalam hidup saya, dan tujuan backpacking-an gede-gedean saya yang pertama ini adalah Pulau Lombok.

Sebagai seorang pekerja kantoran yang jatah cutinya terbatas, travelling saya harus disesuaikan dengan kalender kerja tahunan di kantor tempat saya bekerja.
Kalender kerja tahunan disini membantu saya untuk membeli tiket perjalanan dari jauh-jauh hari sehingga memungkinkan saya untuk mendapatkan harga tiket yang relatif lebih murah.

Petualangan pertama saya ini, saya dan partner, yang sama-sama baru pertama kali akan ke Pulau Lombok akan dimulai pada pagi hari sekali. Saya dan partner akan bertolak ke Lombok dengan menumpang pesawat dengan penerbangan pertama dari Merpati Airlines yang akan take off pukul 06.00 pagi, yang artinya kami harus berangkat ke Bandar Udara International Soekarno-Hatta pada sekitar pukul 04.00 dini hari. Tidak banyak yang kami persiapkan, kami hanya memastikan bahwa kami telah memiliki tiket pesawat pulang-pergi Jakarta - Mataram - Jakarta dan kamar tempat menginap kami selama di Pulau Lombok, serta beberapa tempat wisata terkenal yang kami catat dari hasil browsing di internet. Selain itu, kami serahkan kepada jiwa petualangan kami. So, here we go, ini itinerary kami selama 7 hari 6 malam di Pulau Lombok.

Day 1

Flight dari Soekarno-Hatta International Airport menuju Denpasar, mendarat untuk transit di Ngurah Rai International Airport untuk kemudian melanjutkan penerbangan menuju Mataram, mendarat di Selaparang International Airport.

Perbedaan waktu antara WIB dan WITA membuat hari pertama terasa begitu cepat.
Hari pertama kami habiskan dengan berinteraksi dengan warga sekitar, berbelanja keperluan kami secukupnya di toko terdekat dengan tempat kami menginap, karena kami hanya berbekal ransel yang berisi beberapa helai baju saja, dan tentu saja, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan backpacker lainnya, kami menyewa sebuah sepeda motor yang akan kami gunakan selama di Lombok. Mendapati pemilik jasa sewa kendaraan yang sangat friendly, kami kemudian dibekali dengan peta Lombok dan diberitahu tentang beberapa kawasan wisata terkenal di Lombok. Ah, betapa beruntungnya kami :)

Kembali ke hotel, kamipun menyusun rencana petualangan untuk 6 hari ke depan, so this is it :)

Selama 7 hari 6 malam, kami akan stay di daerah Senggigi, so, semua perjalanan kami akan bermula dari Senggigi.

Day 2

Pusuk Monkey Forest - Senaru Village - Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep

Day 3

Mayura Water Palace - Narmada Water Park - Taman Wisata Alam Suranadi - Pura Lingsar

Day 4

Bangsal - Gili Trawangan - Kota Mataram - Sweta

Day 5

Pantai Kuta - Ima Mulya

Day 6

Hari ke - 6 kami agak bingung untuk menentukan destinasi, karena sejak sebelum petualangan kami mulai, yang ada di dalam benak saya adalah tracking Gunung Rinjani. Tetapi semua tidak seperti yang saya bayangkan, keterbatasan waktu dan biaya membuat kami urung mengunjungi Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anaknya.
Alhasil, rasa penasaran kami akan Gili Matra kembali membawa kami untuk kembali ke Bangsal, mencoba mengunjungi gili lain yang tidak sempat kami kunjungi pada hari ke - 4.

Bangsal - Gili Air - Gili Trawangan

Day 7

Flight dari Mataram, Selaparang International Airport menuju Denpasar, Ngurah Rai International Airport.
Terjadi delay pada penerbangan dari Denpasar menuju Jakarta, waktu yang tersisa kami gunakan untuk berjalan-jalan di daerah sekitar Pantai Kuta, Bali.